Jumat, 28 Oktober 2011

MCU BERBASIS ARSITEKTUR ARM

arsitektur mikrokontroler (mcu) jenis arm adalah mcu berteknologi 32-bit reduce instruction set computer (risc) yang dikembangkan oleh arm holdings. dalam teknologi risc, sebagian besar instruksi dieksekusi dalam 1 siklus clock. beda sama mcu 8051 yang dieksekusi selama 1 sampai 4 siklus mesin, dimana 1 siklus mesin membutuhkan 12 periode clock. ini berarti jika sama-sama menggunakan clock 12 Mhz, dalam satu detik mcu jenis arm akan mengeksekusi rata-rata 12 juta instruksi sedangkan mcu 8051 akan mengeksekusi rata-rata 1 juta instruksi. perbedaan tersebut disebabkan 8051 berteknologi complex instruction set computing (cisc). arsitektur yang sederhana dari arm memungkinkan untuk aplikasi yang membutuhkan daya rendah sehingga banyak digunakan untuk aplikasi embedded software. daya yang dipakai yaitu 3,6 V setara dengan baterai hp. ajib gak tu, sebagai perbandingan atmega8535 yang biasa kita pakai membutuhkan daya 5 V untuk beroperasi.

LQFP
BGA



sekilas perkembangan arsitektur arm



untuk lebih jelasnya sung aja ke tkp: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_ARM_microprocessor_cores

pemilihan mcu ditentukan dari aplikasinya, tapi yang banyak dijualbelikan saat ini yaitu mcu jenis arm cortex-m3. ic arm cortex m-3 keluaran nxp yaitu lpc 1300, 1700, 1800 sedangkan ic arm cortex keluaran stmicroelectronics yaitu stm32f103xx. arm juga mengembangkan mcu ke arah pemrosesan sinyal digital (dsp) dengan arm cortex-m4, teknologi ini sering disebut juga dengan digital signal controller (dsc). produk-produknya juga sudah dijualbelikan (belum di indonesia) yaitu lpc 4300 keluaran nxp dan stm32f405xx dan stm32f407xx keluaran stmicroelectronics. berikut tabel perbandingan biar lebih jelas:



panjang register 32-bit artinya mcu dapat menyimpan data 32-bit dalam satu instruksi assemblinya. instruksi seperti ini akan dibutuhkan buat aplikasi nyata di industri yang membutuhkan presisi tinggi dan kapasitas data besar. pas banget buat mahasiswa yang pengen bikin TA implementasi alat. berminat mencoba mcu jenis ini?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...