Selasa, 20 Maret 2012

CARA LOAD PROGRAM PADA STM32L-DISCOVERY VIA ST-LINK PADA KEIL UVISION 4

Ini pertama kalinya saya menggunakan board STM32. Board ini tersedia Central Jaya Plaza untuk teman-teman yang berdomisili di Bandung dengan harga yang terjangkau, yaitu 450rb. Yang pertama saya pikirkan saat membaca user manual board ini bahwa board ini menyediakan port ST-LINK device adalah bahwa kita memerlukan device tambahan untuk dapat melakukan debug pada board ini.

Ternyata setelah konsultasi dengan pak Google, yang kita butuhkan untuk melakukan debug pada board hanyalah sebuah USB cable type A to mini-B. Ini karena pada board ini sudah tertanam ST-LINK debugger itu sendiri.

penampakan skematik board

Untuk memulai mendownload program dengan keil uvision 4, yang harus diperhatikan adalah anda harus terlebih dahulu mengistall mdk 4.21 ke atas.


Langkah-langkah yang diperlukan untuk mulai mendownload program yaitu:

1. Pertama download dulu driver untuk ST-LINK disini:
http://www.st.com/internet/com/SOFTWARE_RESOURCES/TOOL/DEVICE_PROGRAMMER/stm32_st-link_utility.zip
dan install pada driver komputer anda.


2. Pastikan semua solder bridge (SB) pada posisi default saat pertama kali membeli board atau dapat dilihat pada UM1079 pada sesi solder bridge. CN2 tidak terkoneksi dan CN3 dihubungkan dengan mini jumper seperti pada gambar:

konfigurasi CN2 dan CN3



3. Hubungkan board ke PC dengan USB cable. Kemudian pada PC, klik kanan pada my computer dan pilih properties. Pada window yang muncul, pada tab sebelah kiri, pilih device manager. Jika ada diperhatikan, terdapat tanda seru pada device STM32 STLink, klik kanan pada tanda tersebut dan pilih scan for hardware change.

device manager


Kemudian cabut dan pasang kembali usb cable dari board, dan setelah proses installing new driver selesai akan muncul pesan succesfull installing new driver.

4. Berikutnya kita tinggal mendownload program yang telah kita buat atau dapat juga menggunakan contoh program yang disediakan keil. Caranya masuk ke C:\Keil\ARM\Boards\ST\STM32L-Discovery, disana terdapat beberapa contoh program untuk board ini. Setelah memilih salah satu program, misalnya blinky, pilih project -> rebuild all target files untuk membuat hex file, kemudian dengan menekan Ctrl+F5, IDE akan melakukan debug pada flash mcu, voila.

4 komentar:

  1. mantaps gan.............
    lanjutkan untuk postingan tentang ARM nya ya gan
    ane tunggu n mengikuti nya
    kalau bisa ARM STM32F103 ya gan

    BalasHapus
  2. ▷ Online casino in india【Malaysia】and Play in
    온라인 카지노 대한민국

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...